KONSEPSI PSIKOLOGI PROYEKSI (Telaah Tentang Apperseption dan Apperseptive Distortion)

KONSEPSI PSIKOLOGI PROYEKSI

(Telaah Tentang Apperseption dan Apperseptive Distortion)

A. PENDAHULUAN

Sebagian dari cara individu mereduksi perasaan tertekan, kecemasan, stress atau pun konflik adalah dengan melakukan mekanisme pertahanan diri baik yang ia lakukan secara sadar atau pun tidak. Sebagimana pendapat yang dikemukakan oleh Freud Such defense mechanisms are put into operation whenever anxiety signals a danger that the original unacceptable impulses may reemerge (Microsoft Encarta Encyclopedia 2002).

Freud menggunakan istilah mekanisme pertahanan diri (defence mechanism) sebagai gambaran proses tak sadar untuk melindungi individu tersebut dari kecemasan melalui pemutarbalikan kenyataan. Pada dasarnya strategi-strategi ini tidak mengubah kondisi objektif bahaya dan hanya mengubah cara individu mempersepsi atau memikirkan masalah itu. Jadi, mekanisme pertahanan diri melibatkan unsur “penipuan diri.”

Istilah mekanisme bukan merupakan istilah yang paling tepat karena menyangkut semacam peralatan mekanik. Istilah tersebut mungkin karena Freud banyak dipengaruhi oleh kecenderungan abad ke-19 yang memandang manusia sebagai mesin yang kompleks.

Salah satu yang mendasari terjadinya proyeksi adalah mekanisme pertahanan diri (defence mechanism). Individu yang menggunakan teknik proyeksi ini, biasanya sangat cepat dalam memperlihatkan ciri pribadi individu lain yang tidak dia sukai dan apa yang dia perhatikan itu akan cenderung dibesar-besarkan. Teknik ini mungkin dapat digunakan untuk mengurangi kecemasan karena dia harus menerima kenyataan akan keburukan dirinya sendiri. Dalam makalah ini akan diuraikan dengan sederhana. Pertama, konsepsi tentang psikologi proyektif. Kedua, menjelasan tentang aperseption dan aperseptive distortion. Ketiga, menjelaskan bagaimana bentuk-bentuk terjadinya aperseptive distortion

B. KONSEPSI PSIKOLOGI PROYEKTIF

Dr. Leopold Bellak di dalam papernya mencoba menelusuri sejarah perkembangan dari konsep proyeksi yang pada saat sekarang ini sudah sedemikian luas dan kabur arti penggunaannya. Di dalam usaha verifikasi eksperimental pembuktian terhadap konsep klinis mengenai proyeksi seperti yang dikemukakan Freud, ia berpendapat bahwa pentinglah kiranya untuk mengadakan re-definisi terhadap proses-proses perseptual yang terkandung di dalam proyeksi itu, dan inilah yang merupakan dasar dari metode proyektf.

Beberapa definisi awal tentang konsep projection sebagai suatu proses defensif, seperti yang dikemukakan oleh Freud, Frank, dan di dalam eksperimen Bealy, Bromier, dan Bowers. Definisi projection berdasarkan hasil penyelidikan-penyelidikan eksperimental yang kemudian, merupakan verifikasi terhadap definisi-definisi awal, dan dikemukakannya istilah apperception dan apperceptive distortion sebagai terminologi pengganti istilah projection (Dr. Leopold Bellak), dengan pengertian yang tidak terbatas pada proses defensif semata-mata.

Bellak mengemukakan istilah apperceptive psychology dan apperceptive distortion, sebagai istilah yang lebih tepat untuk digunakan di dalam pembahasan ini. Bellak berusaha menggabungkan konsep dasar psikoanalisis, khususnya mengenai apperceptive distortion ini, dengan konsep teori belajar dari Gestalt, melalui penyelidikan dan eksplorasi-eksplorasi eksperimental.

Proyeksi merupakan suatu istilah yang banyak digunakan di dalam bidang-bidang psikologi klinis, dinamis dan sosial. Frank mengemukakan bahwa metode proyektif adalah merupakan suatu tipe pendekatan yang bersifat dinamis dan holistik di dalam disiplin psikologi.

Istilah proyeksi pertama kali dikemukakan oleh Freud, di dalam karyanya The Anxiety Neurosis (1894), dimana ia mengemukakan bahwa :

Psyche akan mengembangkan suatu kecemasan neurotik apabila psyche merasa tidak berdaya untuk mengatasi rangsangan-rangsangan (seksual) yang berasal dari dalam (endogenous), sehingga rangsangan-rangsangan tersebut akan diproyeksikan ke dunia luar.

Di dalam karyanya On the Defense Neuropsychoses ( 1896), Freud memberikan elaborasi terlebih jauh terhadap konsep proyeksi. Dikemukakannya secara lebih eksplisit, bahwa; Proyeksi adalah suatu proses pemetaan (pelampiasan ke luar) dorongan-dorongan, perasaan-perasaan dan sentimen-sentimen individu kepada orang lain atau ke dunia luar, sebagai proses yang bersifat defensif, dimana individu yang bersangkutan tidak menyadari munculnya gejala yang di luar kehendaknya itu (undesireable phenomena).

Elaborasi lebih jauh lagi, dapat dilihat pada kasus Schreber, penderita paranoia, yang dikemukakan Freud sebagai berikut :

Penderita paranoia tersebut mempunyai kecenderungan homoseksual, dimana karena adanya tekanan dari super ego, ia mentransformasikan suatu reaksi-formasi dari I love him menjadi I hate him. Proyeksi benci kepada objek yang tadinya dicintai, disebabkan super ego tidak memperkenankan benci tersebut muncul di kesadaran dan muncul terealisir, dan lagi pula ia merasa bahwa bahaya dari dunia luar akan lebih menekan ketimbang bahaya dari dalam, bila benci itu sampai muncul. Jadi di sini, super ego menghambat ekspresi benci berdasarkan norma-norma moral yang dimiliki individu yang bersangkutan. Healy, Bronner dan Bowers mendefinisikan proyeksi sebagai :

Suatu proses defensif yang dikendalikan oleh prinsip kenikmatan (pleasure-principle), dimana ego, yang berpedoman kepada dunia luar, akan merasa tercela bila keinginan-keinginan dan idea-idea ketidaksadaran muncul ke dalam kesadaran. Kalaupun konsep proyeksi yang mulanya berasal dari apa yang terdapat pada psikosis dan neurosis, diterapkan kepada bentuk-bentuk tingkah laku yang lain, seperti yang dikemukakan Freud di dalam The Future of an illusion dan Totem and Taboo, maka proyeksi juga merupakan suatu mekanisme yang terpenting di dalam pembentukan kepercayaan beragama.

Bahkan di dalam konteks kebudayaan, dikatakan pula bahwa proyeksi berperan sebagai suatu proses defensif terhadap kecemasan.

Di dalam pustaka-pustaka psikoanalisis, sering dijumpai bentuk defense mechanism, dimana proyeksi adalah merupakan proses defensif yang paling penting, namun sangatlah sedikit penelitian-penelitian yang pernah dilakukan terhadap konsep proyeksi tersebut, sehingga Sears mengatakan : Mungkin satu-satunya istilah yang paling tidak jelas pengertiannya di dalam teori psikoanalisis adalah istilah proyeksi.

Aplikasi konsep proyeksi paling banyak dilakukan di dalam bidang psikologi klinis yang kita kenal sebagai teknik proyektif. Termasuk di dalamnya adalah tes Rorschach, TAT, tes Szondi, Sentence Completion Test, EPPS, dan lain-lainnya.

Dasar asumsi yang melandasi tes-tes tersebut adalah, bahwa bila subjek dihadapkan pada sejumlah stimulus yang ambiguous (kabur) dan ia diminta untuk memberikan respon terhadap stimulus itu, subjek akan memproyeksikan need dan press-nya sebagai responnya terhadap stimulus tersebut.

Suatu penyelidikan eksperimental telah dilakukan, di dalam usaha untuk menjelaskan fenomena proyeksi, dan dilaporkan sebagai berikut :

  • Pada eksperimen yang pertama, menggunakan sejumlah subjek dan kepada mereka disajikan sejumlah kartu-kartu TAT, dimana eksperimen berjalan di dalam kondisi yang terkontrol.
  • Pada eksperimen kedua, subjek-subjek dikenai posthypnotic sewaktu ia menceritakan tentang gambar pada kartu TAT, agar ia dapat merasakan agresinya (tanpa disadari individu).

Berdasarkan kedua eksperimen tersebut, subjek menunjukkan tingkah laku seperti apa yang dikemukakan di dalam hipotesis proyeksi dan pada tingkah laku tersebut menunjukkan adanya peningkatan agresi (bila tingkah laku pada eksperimen kedua dibandingkan dengan yang pertama). Hal itu terjadi karena di dalam kondisi posthypnotic, sewaktu diminta untuk bercerita, subjek berada dalam keadaan yang teramat sedih dan depresif, sehingga mereka memproyeksikan sentimen-sentimen mereka ke dalam cerita pada kartu.

Sampai pada eksperimen yang pernah dilakukan ini, tidak terdapat adanya perubahan terhadap konsep proyeksi bahwa kenyataan proyeksi adalah sebagai suatu proses pemetaan (pelampiasan ke luar) sentimen-sentimen yang tidak dapat diterima ego, ke dunia luar.

Kemudian eksperimen tersebut dilakukan dengan variasi yang lebih luas, dimana di dalam keadaan posthypnotic subjek merasakan suatu kegembiraan yang sangat. Hal ini berarti bahwa rasa gembira tersebut juga dapat diproyeksikan ke dalam cerita-cerita pada kartu.

Sampai pada eksperimen yang terkahir ini, sebenarnya tidaklah dapat dikatakan bahwa konsep proyeksi hanya didasarkan sebagai suatu defense mechanism, karena tidak terdapat kebutuhan atau usaha ego untuk menekan secara disruptif terhadap efek-efek kegembiraan.

Sebenarnya, apabila kita baca kembali karya Freud secara lebih cermat (seperti yang dilakukan Dr. Ernst Kris), terlihat pula bahwa Freud juga memberikan antisipasi terhadap dasar pemikiran di atas itu, seperti yang dikemukakannya di dalam Totem and Taboo, yaitu:

Proyeksi tidaklah secara khusus terwujud sebagai usaha untuk mengadakan defense, karena ternyata, walaupun tidak ada konflik dapat pula terjadi proyeksi. Proyeksi inner-perception kepada dunia luar, merupakan suatu mekanisme yang primitif, yang juga ikut mempengaruhi sense-perception (persepsi indera), yang memberikan andil yang besar di dalam membentuk dunia luar. Di dalam kondisi-kondisi yang diliputi oleh ketidakpastian, inner-perception yang berupa proses-proses ideasional dan emosional, yang berasal dari inner-world, bersama-sama sense-perception (persepsi indera) membentuk dunia luar.

Selanjutnya dikemukakan bahwa sesuatu yang kita proyeksikan ke dunia luar (seperti pada manusia-manusia primitif), dapat berubah bentuk menjadi sesuatu yang lain itu hanya dikenal oleh indera kita saja, karena sebenarnya bentuk asli dari sesuatu itu bersifat latent, tetapi dapat dimunculkan kembali. Dan sesuatu yang bersifat latent itu disebut sebagai coexistence dari persepsi dan memorik, atau bila digeneralisasi, dikatakan sebagai eksistensi proses ketidaksadaran psikis yang muncul ke alam sadar.

Dasar pikiran Freud di dalam penjelasan di atas adalah, apercept memory (ingatan masa lalu) mempengaruhi yang sekarang terhadap suatu stimulus. Jadi interpretasi TAT juga berdasarkan asumsi Freud tersebut. Misalnya, persepsi masa lalu subjek terhadap ayahnya akan mempengaruhi persepsi subjek terhadap figur ayah di dalam gambar TAT.

Jelaslah sekarang, bahwa apercept memory: akan mempengaruhi yang sekarang terhadap stimulus, dan hal tersebut tidak dapat secara sempit dikatakan sebagai suatu usaha defensif saja, seperti yang dikemukakan di dalam definisi proyeksi yang asli (asal mula). Di sini kita dapat mengasumsikan, bahwa semua persepsi yang sekarang akan dipengaruhi kedua macam persepsi itu, merupakan bidang yang dibahas tersendiri di dalam Psikologi Kepribadian.

C. APPERCEPTION DAN APPERCEPTIVE DISTORTION

Penggunaan istilah proyeksi bagi proses-proses persepsitual umum, seperti yang diuraikan di atas, nampaknya sudah tidak sesuai dengan pengertian yang terkandung di dalam sejarah konsep tersebut dan juga di dalam aplikasi klinisnya pada masa kini. Sebaliknya, istilah perception (persepsi) lebih mengena penggunaannya sebagai suatu sistem di dalam psikologi, dimana istilah ini tidak melibatkan keseluruhan kepribadian (whole personality). Kalau memang tidak ada masalah di dalam terminologinya, selanjutnya akan dikemukakan pula istilah apperception (appersepsi).

Bellak mendefinisikan apperception sebagai suatu proses dinamis pada organisme di dalam memberikan interpretasi yang berarti terhadap suatu persepsi. Definisi dan penggunaan istilah apperception ini menyebabkan perlunya disusun suatu hipotesis kerja, yaitu bahwa ada suatu proses apersepsi yang tidak mengadakan interpretasi terhadap persepsi (noninterpreted perception) dan bahwa setiap interpretasi yang subjektif akan membentuk apperceptive distortion.

Maka dapatlah kita definisikan istilah apperception tersebut sebagai suatu kondisi yang mendekati persepsi kognitif murni yang objektif (nearly pure cognitive objective perception), dimana kebanyakan subjek akan sepakat di dalam mendefinisikan secara eksak atau tepat suatu stimulus, misalnya :

  • Umumnya subjek akan sepakat untuk mengatakan bahwa gambar pada kartu nomor 1 TAT, sebagai gambar seorang anak laki-laki yang sedang bermain biola. Jadi di sini dapat kita tetapkan bahwa persepsi tersebut merupakan suatu norma, sedangkan subjek-subjek yang mengatakan bahwa kartu tersebut berisi gambar seorang anak laki-laki di sebuah danau (seperti yang dikatakan para penderita schizophrenia), subjek tersebut berarti mengalami apperceptive distortion terhadap situasi stimulus pada kartu nomor 1 TAT.
  • Pada beberapa subjek lain, ditemukan adanya interpretasi-interpretasi yang berbeda, misalnya dikatakan sebagai seorang anak laki-laki yang berbahagia, anak laki-laki yang sedih, anak laki-laki yang ambisius, dan lainnya, maka berdasarkan hipotesis persepsi non kognitif murni, dan bahwa subjek-subjek tersebut mengalami apperceptive distortion, dapatlah dikatakan bahwa ada perbedaan taraf distortion yang dialami subjek-subjek tersebut.

D. BENTUK-BENTUK APPERCEPTIVE DISTORTION

Untuk dapat mengidentifikasikan dan mengartikan bentuk-bentuk apperceptive distortion dalam tarafnya yang berbeda-beda, di bawah ini dikemukakan beberapa bentuk apperceptive distortion, yaitu :

1. Projection (Proyeksi)

Proyeksi merupakan apperceptive distortion yang bertaraf paling tinggi, dan secara hipotesis, mempunyai arti yang bertolak-belakang (berlawanan) dengan persepsi yang benar-benar objektif (a completely objective perception).

Berdasarkan tingkatan, proyeksi dapat mewujudkan pada :

a. Gangguan-gangguan psikosis pada umumnya

b. Defens-defens neurotik pada umumnya

c. Beberapa proses maturational atau kemasakan yang masih di dalam taraf normal.

Proyeksi (true projection) tidak hanya merupakan pelampiasan keluar perasaan-perasaan dan sentimen-sentimen yang berasal dari ketidaksadaran, dalam bentuk sebagai defense, tetapi pelampiasan keluar perasaan-perasaan dan sentimen-sentimen tersebut ke dunia luar itu juga disebabkan karena ego tidak dapat menerima perasaan-perasaan dan sentimen-sentimen tersebut. Dan dapat pula ditambahkan bahwa proyeksi semacam itu tidaklah dapat ditempatkan di dalam kehidupan kesadaran, tanpa melalui psikoterapi khusus dalam jangka panjang.

Konsep ini nampak muncul sebagai suatu fenomena yang terdapat pada penderita paranoid (yang telah disinggung sebelumnya), dimana proyeksi muncul sebagai suatu perubahan dari I love him di dalam ketidaksadaran, menjadi He hates me di alam kesadaran.

True projection pada kasus ini merupakan proses yang meliputi 4 tahap, yaitu:

  1. I love him (terhadap objek homoseksual), yang merupakan suatu dorongan id yang unacceptable (tidak dibenarkan)
  2. Kemudian muncul suatu reaksi formasi, yaitu : I hate him;
  3. Agresi (hate = benci) juga merupakan sesuatu yang tidak dibenarkan dan ini kemudian di repres
  4. Akhirnya, dalam kesadaran, persepsi diubah menjadi He hates me.

Tahap terakhir ini sajalah yang biasanya nampak di alam kesadaran.

Bellak menyebut proses ini sebagai proses inverted projection, yang merupakan lawan dari simple projection.

Tahap pertama proses ini adalah munculnya suatu bentuk defense mechanism yang lain, yaitu reaksi formasi. Secara berurutan dikatakan sebagai berikut :

1. I love him adalah merupakan dorongan yang tidak diperkenankan muncul di dalam kehidupan sosial (karena merupakan objek cinta homoseksual), dan juga berdasarkan apa yang telah dipelajari di dalam hubungannya dengan ayah, dorongan ini dirasakan sebagai impuls yang membahayakan.

2. Kemudian dorongan tersebut berubah menjadi I hate him (reaksi formasi) yang bertindak sebagai ganti perasaan love.

Terlihat di sini bahwa pada inverted projection, yang pertama-tama muncul adalah reaksi formasi, yang kemudian disusul oleh simple projection dalam bentuk apperceptive distortion yang merupakan pemetaan (proyeksi) sentimen-sentimen subjektif kepada dunia luar.

2. Simple Projection (Simple Distortion)

Simple projection merupakan proses yang tidak mempunyai indikasi klinis, dan merupakan kejadian yang umum di dalam kehidupan sehari-hari. Suatu contoh lucu dikemukakan di bawah ini :

  • Harun berhasrat ingin meminjam printer untuk mencetak beberapa lembar tugas psikologi dari Rudy. Ketika dalam perjalanan ke rumah Rudy, Harun berpikir bagaimana caranya nanti yang harus dikatakan pada Rudy untuk meminjam printer tersebut. Kemudian ia berpikir pula; “Jangan-jangan Rudy nanti mengatakan bahwa saya dulu pernah meminjam sesuatu dan mengembalikannya dalam keadaan rusak.” Kemudian Harun melanjutkan lagi fantasinya dengan menjawab bahwa, “memang dulu ia meminjam kallulator itu dalam keadaan rusak.”
  • Kemudian Harun melanjutkan hayalannya lagi dengan mengatakan, “Rudy mungkin akan mengatakan bahwa saya akan menghabiskan tinta printer ketika meminjam printer.” Dan kemudian Harun menjawab pula dan seterusnya, dan seterusnya. Akhirnya, sewaktu Harun sampai ke rumah Rudy, ia melihat Rudy sedang duduk di depan. Dan Rudy kemudian menyapa Harun: “Tumben, malam-malam datang kemari, apa ada yang bisa bantu?” Kontan Harun menjawab dengan, “bilang saja kalau nggak mau pinjamkan printermu!

Cerita di atas dapat interpretasi sebagai berikut :

§ Sewaktu Harun ingin meminjam sesuatu, ia teringat suatu pengalaman yang cukup mengecewakan, karena ditolak waktu meminjam, hal itu juga diingat (berdasarkan apa yang dipelajari dari orang tuanya dan saudara-saudaranya) bahwa meminjam itu kurang baik. Pengalaman ini selalu mengganjal dalam hati, dia merasa bahwa Rudy akan marah kepadanya, dan ia menunjukkan respon yang agresif di dalam imajinasinya.

§ Jadi proses ini dapat dikatakan bahwa, image Harun terhadap Rudy mengalami apperceptive distortion karena adanya pengalaman dengan saudaranya itu.

Bilamana kita memfokuskan masalah, maka fokusnya pada, mengapa Harun tidak dapat menyadari, bahwa sebenarnya realita telah membuktikan ketidakbenaran konsep pikirannya yang semacam itu. Tetapi senyatanyalah bahwa berdasarkan fakta-fakta empiris, tingkah laku neurotik tidak dapat secara mudah berubah tanpa melalui suatu psikoterapi.

Kasus Harun berbeda dengan kasus paranoid (homoseksual) dalam masalah taraf kesubjektifan dan keabsurdan distorsi yang terjadi (apperceptive distortion).

Perbedaan itu nampak di dalam taraf-taraf sebagai berikut :

  • Kekakuan di dalam mengalamatkan proyeksi
  • Sering tanpa disadari, terjadinya proyeksi semacam itu (kasus paranoid lebih jarang ketimbang kasus Harun yang merupakan kejadian sehari-hari)
  • Keeksklusifan proyeksi tersebut
  • Peran kesadaran di dalam proses proyeksi tersebut.

Pada kasus lain, misalnya :

  • Ada seorang mahasiswa yang belum mengumpulkan tugas, karena kesibukannya yang relatif banyak dan membutuhkan perhatian ektra. Ketika tenggat waktu yang diberikan telah berkahir, ia merasa (perasaan yang tidak benar) bahwa dosennnya seolah-olah kelihatan marah kepadanya ketika belum mengumpulkan tugas. Perasaan yang muncul dari diri mahasiswa itu, dinamakan a guilty conscience (rasa bersalah di dalam konsiensia).
  • Perasaan itu akan selalu timbul bila, ia tidak menyelesaikan tugas secepatnya kemudian bertemu dengan dosennya dan menjelaskan mengapa kejadian—terlambat mengumpulkan tugas terjadi. Perasaan itu dapat muncul lagi, bilamana dia melakukan hal yang sama. Meskipun dosennya sebenarnya tidak seperti yang dia rasakan.

Rasa bersalah yang dirasakan oleh mahasiswa sebenarnya refleksi dari perilaku dosen yang seolah-olah memarahinya ketika belum mengumpulkan tugas sesuai dengan batas waktu. Namun sebenarnya perilaku yang ditunjukan mungkin akibat kekesalan pada sesuatu kemudian diekspresikan saat itu.

Perilaku mahasiswa tersebut dapat kita katakan sebagai suatu simple distortion, yang diakibatkan adanya transfer of learning, atau image masa lalu mempengaruhi tingkah laku yang sekarang.

3. Sensitization

Di dalam kasus mahasiswa yang terlambat mengumpulkan tugas, dapat dilihat sebagai suatu fenomena baru, dimana ada beberapa subjek yang sama sekali acuh dan tidak memberikan reaksi apa-apa, tetapi ada pula subjek-subjek yang sangat memperhatikan dan menunjukkan reaksinya terhadap kemarahan tersebut.

Subjek-subjek yang sangat memperhatikan dan merasakan kemarahan dosen walaupun pada saat itu, secara objektif, stimulus kemarahan kepada mahasiswa tidak ada . Proses ini secara klinis disebut : sensitivity of neurotics (kesensitifan yang neurotis). Jika kita lihat dari segi ketiadaan persepsi yang objektif, maka proses tersebut dapat kita katakan sebagai a more sentitive perception of existing stimuli (suatu persepsi yang memiliki kesensitifan melebihi keadaan stimulusnya).

Hipotesis sensitization adalah bahwa suatu objek yang sesuai dengan pola-pola tingkah laku yang pernah dilakukan akan lebih mudah diterima daripada objek-objek yang tidak sesuai dengan pola-pola tingkah laku yang pernah dilakukannya.

Sebagi contoh, misalnya; Di dalam masalah persepsi membaca, kata-kata yang pernah dipelajari akan lebih mudahditerima pola-polanya daripada ejaan-ejaannya.

Eksperimen yang dilakukan Levine, Chein dan Murphy, mengenai sensitization ini, menunjukkan sebagai berikut :

§ Menggunakan sejumlah subjek yang sudah dilaparkan, dan kepada mereka di perlihatkan sejumlah gambar, di antaranya terdapat gambar makanan.

§ Dari hasil eksperimen tersebut ternyata :

a. Dalam keadaan lapar, subjek-subjek melihat gambar makanan di dalam kartu-kartu yang disajikan, meskipun kartu tersebut tidak terdapat gambar makanan.

b. Subjek-subjek tersebut akan lebih sering menunjukkan ketepatannya di dalam melihat gambar-gambar makanan yang disajikan beberapa kali.

Berdasarkan eksperimen tersebut menunjukkan bahwa di dalam keadaan deprivasi (lapar) timbullah suatu peningkatan efisiensi kognitif di dalam ego sewaktu menalari objek yang dilihatnya, sehingga dapat mengakibatkan meredakan deprivasi tersebut, dan proses ini juga merupakan suatu kompensasi di dalam fantasi untuk mengatasi adanya wishfulfillment, dan disebut : autistic perception.

Proses ini dapat pula kita terapkan di dalam konsep sensitization, bilamana image tentang makanan itu timbul akibat deprivasi, maka stimulus itu lebih mudah diterima.

Prinsip yang sama, terdapat pula pada eksperimen Bruner dan Postman, sebagai berikut:

  • Menggunakan beberapa subjek yang diminta untuk mencocokkan ukuran bulatan dari sinar yang dapat diubah-ubah dengan suatu benda bulat yang dipegangnya.
  • Subjek-subjek tersebut berada dalam beberapa taraf keadaan shock (merupakan variasi keadaan yang dapat diubah-ubah), dan diminta untuk mencocokkan sinar bulat dengan benda bulat yang dipegangnya itu.
  • Selama dalam keadaan shock, ternyata variasi penilaian perseptual sangat kecil, sedangkan dalam keadaan biasa (post shock) terjadi deviasi yang besar.

Berdasarkan hasil eksperimen tersebut, kedua ahli itu mengemukakan teori kewaspadaan yang selektif (Theory of Selective Vigilence), dimana dijelaskan, bahwa organisme akan melakukan diskriminasi yang lebih akurat bila berada dalam kondisi yang tertekan (stress).

Tetapi bila kondisi stress telah mereda, muncullah keekspansivan (melebih-lebihkan suatu penilaian), sehingga akan membuat error yang lebih banyak.

Sebagai hipotesisnya dikemukakan :

* Ketegangan (akibat kondisi stress) akan mengakibatkan adanya peningkatan kesadaran terhadap image di dalam ingatan, dan mengakibatkan pula timbulnya penilaian yang lebih akurat di dalam mempersamakan ukuran antara percept-memory benda yang pernah dipegangnya dengan bulatan dari sinar yang sedang dilihatnya.

4. Externalization

Inverted projection, simple projection dan sensitization adalah merupakan proses-proses yang terjadinya tidak disadari individu yang bersangkutan, dan sukar untuk dapat menyadarkan individu terhadap proses yang terjadi pada dirinya itu. Tetapi sebaliknya, ada proses-proses tertentu yang sering dijumpai oleh ahli-ahli klinis, yang berbeda dengan proses-proses yang disebutkan di atas. Proses-proses ini sering dijumpai pada subjek-subjek yang menceritakan suatu gambar pada kartu TAT, misalnya :

  • Ini adalah gambar seorang ibu yang sedang melihat ke dalam kamar untuk memastikan apakah anaknya sudah selesai mengerjakan pekerjaan rumahnya. Dan kemudian ia nampak sedang menegur anaknya karena belum selesai mengerjakan pekerjaan rumah itu.
  • Ketika proses inquiry (penjajagan), subjek tersebut secara spontan mengatakan; Saya merasa bahwa kejadian di dalam gambar ini persis seperti apa yang pernah saya alami, yaitu antara saya dan ibu saya, walaupun saya tidak merealisir hal itu di dalam cerita yang saya kemukakan tadi.

Di dalam ulasan psikoanalitik, dikatakan bahwa proses mengemukakan cerita tersebut berasal dari daerah pra-sadar (preconscious), dimana subjek tidak menyadari apa yang diceritakan (pada mulanya), tetapi hal itu mudah untuk disadarkan atau dibawa ke alam sadar (melalui inquiry). Fenomena semacam itu, disebut eksternalisasi (externalization), yaitu bahwa represi terhadap pola image yang membentuk suatu efek yang terorganisir akan mudah untuk dimunculkan kembali.

5. Purely Cognitive Perception and Other Aspects of Stimulus-Response Relationship (Persepsi kognitif murni dan aspek-aspek lain di dalam hubungan stimulus-respon)

Pure perception (persepsi murni) adalah merupakan suatu proses hipotesis yang merupakan lawan dari proses apperceptive distortion, dan secara operasional subjektif dapat kita definisikan sebagai kesepakatan di dalam memberikan arti terhadap suatu stimulus apabila diadakan komparasi dengan interpretasi-interpretasi lain terhadap stimulus tersebut, (singkatnya) adalah kesepakatan di dalam menginterpretasikan stimulus yang sama.

Secara lebih luas dapat dikatakan bahwa tingkah laku yang umumnya rasional dan sesuai dengan stimulus-stimulus yang ada, merupakan tingkah laku yang adaptif (adaptive behavior).

Di dalam eksperimen-eksperimen Bellak, dikemukakan bahwa subjek lebih sering memproyeksikan agresinya terhadap cerita-cerita yang mengandung unsur agresi, walaupun di dalam keadaan biasa, misalnya :

* Gambar-gambar yang menunjukkan suatu keadaan yang kacau (huddle) dan sebuah pistol, akan lebih mudah mengarahkan munculnya cerita-cerita agresi, daripada bila gambar itu menunjukkan suatu pemandangan alam yang permai.

Di dalam ulasan psikologis, dikatakan bahwa respon tersebut merupakan sebagian dari fungsi stimulusnya (the response in part a function of the stimulus).

Di dalam ulasan apperceptive psychology dikatakan bahwa kebanyakan subjek akan sepakat (agreement) di dalam mengemukakan dasar-dasar persepsinya terhadap suatu stimulus, dan kesepakatan itu berdasarkan keadaan subjektif stimulus tersebut.

Oleh Gordon W. Allport tindakan-tindakan yang konsisten dengan aspek-aspek objektif dari stimulusnya seperti yang dikemukakan di atas tadi, disebut adaptive behavior. Sebagai contoh, misalnya :

* Pada kartu nomor 1 TAT subjek mengadaptasikan dirinya terhadap fakta gambar yang menunjukkan sebuah biola.

Ada beberapa prinsip dari adaptive behavior, yaitu :

1. Taraf variasi adaptive behavior berbanding terbalik dengan taraf kejelasan stimulusnya. Atau dapat dikatakan, semakin jelas stimulusnya semakin kecil variasi adaptive behaviornya, ataupun, semakin kabur stimulusnya, semakin besar variasi adaptive behavioraya. Misalnya :

§ Gambar-gambar pada TAT dan bercak-bercak tinta pada Tes Rorshach, merupakan stimulus yang relatif kabur (tidak berstruktur), akan merangsang timbulnya sedemikian banyak respon-respon apperceptive distortion (variasi adaptive behaviornya sedemikian besar).

§ Sebaliknya, salah satu gambar pada Tes Staford Binet, yaitu gambar suatu perkelahian antara seorang kulit putih dan orang-orang Indian, akan merangsang timbulnya respon yang sama pada kebanyakan subjek anak-anak umur 10-12 tahun (variasi adaptive behaviornya sangat kecil).

2. Taraf kejelasan adaptasi (adaptive behaviornya) juga ditentukan oleh aufgäbe atau set (tugas yang diberikan atau respon yang harus dilakukan).

§ Akan lebih mudah bagi subjek bila diminta untuk menyebutkan gambar apa, ketimbang bila subjek diminta untuk menceritakan isi gambar tersebut, karena bila subjek mengemukakan cerita tentang gambar tersebut, subjek cenderung kurang memperhatikan aspek-aspek objektif dari stimulusnya.

3. Kondisi organisme sewaktu menerima stimulus, juga memperhatikan rasio adaptive behavior-nya, misalnya :

§ Di dalam eksperimen Lavine, Chain dan Murphy mengenai sensitization dapat kita lihat bahwa subjek-subjek menunjukkan apperceptive distortion yang berbeda- beda tarafnya. Bahkan seorang subjek yang sama, akan memberikan reaksi yang berbeda-beda pada waktu baru bangun dari tidurnya dan pada waktu sudah lama terjaga.

Selanjutnya Allport juga mengemukakan istilah expressive behavior. Expressive behavior ini dapat dilihat dari contoh di bawah ini :

§ Jika beberapa seniman (artis diminta untuk tampil di dalam kondisi yang sama, tidaklah dapat diharapkan bahwa mereka akan menunjukkan penampilan kreatif yang sama. Ketidaksamaan penampilan tersebut disebabkan adanya individual differences di dalam mengekspresikan penampilan masing-masing. Dalam hal ini karakter pribadi (personal characteristics) setiap individu akan lebih menentukan expressive behaviornya (dibanding dengan kondisi stimulusnya).

Jadi dapat disimpulkan, bahwa adaptasi (adaptive behavior) dan apperceptive distortion terlihat dari apa yang dilakukan seseorang, sedangkan expressive behavior terlihat dari bagaimana seseorang melakukan sesuatu.

Daftar Pustaka

Anonim. 2002 Modul Pengantar Psikologi Proyektif. http://e-learning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_psikologi_proyektif/bab1-teori_apperceptive_distortion.pdf

Karmiyati, D., dan Suryaningrum, C. 2006. Pengantar Psikologi Proyektif. UPT UMM Press. Malang

Mu'tadin, Zainun. 2002. Mengenal Mekanisme Pertahanan Diri http://www.e-psikologi.com

Wikipedia, the free encyclopedia. 2009. Aperseption, Copyright © 2009 url:http://en.wikipedia.org/wiki/aperseption

Microsoft Encarta Encyclopedia. 2002. http://www.e-psikologi.com/remaja/050702.htm

Komentar

  1. Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura

    Saya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
    Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
    kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
    selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
    Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
    Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
    Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
    dan jg nama besar Beliau
    tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
    dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
    apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
    Saya bilang saya terlantar disingapur
    tidak ada ongkos pulang.
    dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
    setelah saya kirim biaya ritualnya.
    beliau menyuruh saya untuk menunggu
    sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
    dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
    apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
    dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
    gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
    angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
    dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
    sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
    Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat

    ~~~Hub;~~~

    Call: 0823 5329 5783

    WhatsApp: +6282353295783

    Yang Punya Room Trimakasih

    ----------

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL FENOMENA KELOMPOK SOSIAL DAN PERILAKU KOLEKTIF

FENOMENA GENDER DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI SOSIAL